Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI TADRIS IPS DI KAMPUNG MUALLAF

Kondisi Kampung Muallaf        Pengabdian masyarakat merupakan salah satu agenda rutinitas dalam perwujudan Tri Darma Perguruan Ting...

Kondisi Kampung Muallaf

       Pengabdian masyarakat merupakan salah satu agenda rutinitas dalam perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi kampus IAIN Parepare. Bentuk pengabdian yang diadakan oleh Prodi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare yakni  kunjungan ke Kampung Muallaf yang berada di Kel. Betteng, Kec. Lembang, Kab. Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. Didalam Pengabdian Masyarakat tersebut beberapa Dosen dan Mahasiswa menjadi relawan di Kampung Muallaf dalam rangka memberikan bimbingan pendidikan dan keagamaan kepada masyarakat yang berada di Kampung tersebut. Kunjungan ke Kampung Muallaf diawali dengan observasi langsung Ketua Prodi Tadris IPS oleh Ibu Dr. Ahdar, S.Ag., S.Sos, M. Pd., pada tanggal 9 Mei 2019.
Tak lupa pula diadakan pembekalan untuk para relawan yang akan berangkat ke Kampung Muallaf pada tanggal 11-14 Mei 2019 dengan beberapa pemateri. Pemateri pertama yakni Ibu Dr. Ahdar, S. Ag., M.Pd yang mengangkat topik tujuan Prodi IPS ke Kampung Muallaf. Kemudian pemateri kedua Ibu Hasmiah, M. Pd., membawakan materi tentang media pembelajaran dan cara mengajar yang menyenangkan, dan pemateri ketiga Ibu Nurleli, M. Pd., mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Kampung Muallaf dari pagi sampai malam serta interaksi para relawan dengan masyarakat setempat. Adapun pemateri keempat yang berasal dari mahasiswa delegasi LP2M yang pernah mengabdi di Kampung Muallaf yakni Umar dan Jamil membahas tentang keadaan masyarakat dan situasi geografis masyarakat di Kampung Muallaf. 
Pembekalan para relawan Mahasiswa Prodi Tadris IPS
Setelah pembekalan dilakukan dan segala persiapan sudah matang maka dilakukanlah pemberangkatan para relawan mahasiswa delegasi Prodi Tadris IPS yakni nama Muh. Zulkarnaen, Muh. Renaldi, Andika Susanto, Fitriah, dan Sukma ke Kampung Muallaf selama satu minggu yakni mulai tanggal 15-21 Mei 2019. Kegiatan pada hari pertama di Kampung Muallaf yaitu pelepasan para relawan oleh ketua Prodi Tadris IPS Ibu Dr. Ahdar, S.Ag., S.Sos, M. Pd. Adapun kegiatan yang dilakukan para relawan delegasi Prodi Tadris IPS yaitu mengajar anak-anak yang ada di Kampung Muallaf mengenai pendidikan dan spiritual, mengajar ibu-ibu dan anak-anak mengaji setiap selesai sholat, membantu masyarakat di Kampung Muallaf, memutar video education pada malam hari, dan mengantar anak-anak di Kampung Muallaf ke sekolah sekaligus mengajar di sekolah dengan berjalan kaki sejauh 2 km. Kedatangan para relawan mahasiswa Prodi Tadris IPS disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Kampung Muallaf dan mereka berharap kegiatan ini akan berlanjut terus sehingga bisa menambah khasanah keilmuan mereka tentang Agama Islam. Hal ini disampaikan sebagai pesan dan kesan oleh perwakilan masyarakat yang ada di Kampung Muallaf pada hari terakhir penarikan para relawan delegasi mahasiswa Prodi Tadris IPS.
Observasi Ketua Prodi Tadris IPS di Kampung Muallaf

    
   
Pembekalan Relawan Mahasiswa Prodi Tadris IPS yang dibwakan oleh Ibu Hasmiah, M. Pd

Pelepasan Relawan Mahasiswa di Kampung Muallaf
Ceramah Islamiayah pada saat Sholat Tarwih
Buka Puasa Bersama Masyarakat Kampung Muallaf
Relawan Mahsiswa Prodi Tadris IPS pada saat mengajar di kelas
Mahasiswa relawan Prodi Tadris IPS bersama Guru dan Siswa SDN 286 Patembia
Keterampilan Menggambar pada hari Minggu
Pemutaran Video Education
Tradisi Membaca Do'a Setelah Qunut Pada Malam 16 Ramdhan
Pemberian Cendramata Oleh Ketua Prodi Tadris IPS 



Tidak ada komentar